Selasa, 19 Agustus 2008

Indonesia Dalam Hadist Nabi Saw

Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya Allah menampakkan kepadaku bumi dari ujung timur sampai ujung baratnya. Dan Allah menjanjikan kekuasaan umatku akan sampai pada salah satu ujungnya. Dan Allah memberikan kepadaku dua perbendaharaan yaitu merah dan putih. HR. Muslim)

Bila jajirah Arab sebagai titik acuan hadist, maka yang dimaksud Rasulullah saw dengan ujung timur bumi adalah belahan bumi paling timur dari Arab, yaitu kepulauan Indonesia, sedang ujung baratnya adalah benua Amerika.

Bila dibandingkan dari segi jumlah umat Islam, maka ujung timurlah yang paling banyak umat Islamnya. Bukan bagian baratnya.

Jumlah umat Islam ang banyak inilah yang kemungkinan nanti menjadi salah satu kebanggaan Rasulullah saw di antara umat nabi-nabi yang lain di hari kiamat. Indonesia adalah penyumbang jumlah terbesar sebagai umatnya.

Hal ini dipertegas dalam teks selanjutnya, “Dan Allah memberikan kepadaku dua perbendaharaan yaitu merah dan putih.”
Siapa lagi kalau bukan Indonesia yang memiliki bendera merah dan putih dimana bendera ini sudah ada sejak jaman Majapahit. Ini berarti Rasulullah begitu membanggakan negeri ini sebagaimana sabda beliau dia atas.

Beberapa ulama mengatakan hadist di atas bahwa dua perbendaharaan yaitu merah dan putih adalah bangsa Persia dan Romawi.



Armagedon, Wisnu Sasongko jilid 2 hal 163

Tidak ada komentar:

Posting Komentar